Thursday 16 March 2017

Macam-macam software pengolah angka (spreadsheet)

Macam-macam software pengolah angka (spreadsheet) antara lain sebagai berikut :

1. Kspread
        Kspread merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifat open source dan multiplatform. jika kita menginginkan aplikasi ini, maka aplikasi ini dapat di Download di www.koffice.org berikut tampilan dari kspread.


2. StarOffice Calc
        StarOffice Calc merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifat multiplatfom. kelebihan dari StarOffice Calc adalah kemampuannya untuk mengklarifikasi data yang di tempatkan di lembaran kerja dan membatu pengguna untuk membuat grafik dari data tersebut. selain itu, juga mampu mengkonversi data dengan aplikasi pengolah angka lain.


3. OpenOficee Calc
        OpenOficee Calc adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat open source dan multiplatform.  OpenOficee Calc cenderung lebih mudah di gunakan karena tombolnya yang di desain sedemikian rupa sehingga mudah di jalankan. kita dapat mendownload aplikasi ini dari www.openoffice.org.



4. Gnumeric
       Gnumeric adalah aplikasi pengolah angka yang merupakn keluarga dari GNOME Office. Gnumeric bersifat open source dan multiplatform. Gnumeric memiliki tampilan GUI yang user friendly di mana jendela Gnumeric di lengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar.



5. Abacus
      Abacus adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah di gunakan. Awalanya Abacus di kembangkan sebagai proyek Mahasiswa di Universitas IST, Portugal di bawah bimbingan Prof. Arlindo Olivera. Abacus memiliki tampilan yang sangat mudah digunakan layaknya aplikasi pengolah angka yang lain.



6. Wingz
        Wings adalah program aplikasi pengolah angka yang bersifat multiplatform. kelebihan Wingz adalah sifatnya yang freeware meski di batasi hanya untuk penggunaan non-komersial dan tidak untuk di jual kembali.


7. XESS
      XESS adalah aplikasi pengolah angka yang di buat oleh AIS (Applied Information System - www.ais.com). XESS bersifat multiplatform. XESS di buat dalam versi yaitu "enterprise" untuk penggunaan di tingkat perusahaan, dan "lite" untuk penggunaan perorangan. kelemahan yang di miliki oleh XESS adalah harganya sangat mahal, harga XESS standar di jual dengan harga $495 dan XESS Plus dengan harga $595, sedangkan Microsoft Excwl hanya $229.


8. Xxl
     Xxl adalah aplikasi pengolah angka yang di kembangkan oleh Universitas Nice dan dapat di jalankan di kompter dengan sistem Unix. Xxl mempunyai tampilan GUI yang sederhana dan mudah di gunakan. kelebihan Xxl adalah aplikasi ini di lengkapi dengan Fungi-fungsi kompleks yang tidak ada di aplikasi pengolah angka lain pada umumnya, karena fungsi-fungsi tersebut memang jarang di gunakan oleh pengguna pada umumnya.



9. Lotus 1-2-3
        Lotus 1-2-3 merupakan aplikasi pengolah angka yang di keluarkan oleh IBM. aplikasi yang termasuk dalam Lotus SmartSuite adalah Lotus Word Pro,  Lotus 1-2-3, Lotus Freelance,Grafhics, Lotus Approach, Lotus Organizer, Lotus FastSite, dan Lotus SmartCenter. Aplikasi ini hanya dapat di operasikan di sistem operasi Windows. Lotus juga dapat mempertukarkan dokumen dengan Aplikasi lain seperti excel.


10. Microsoft Excel
        Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang di keluarkan oleh Microsoft, perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Microsoft Excel hanya dapat di gunaka dengan sistem operasi window. Microsoft Excel di elngkapi dengan kemampuan dan fitur yang tidak dimiliki oleh aolikasi pengolah angka yang lain. Excel dapat di gunakan secara online, misalnya menu help yang dapat di akses melalui internet.









No comments:

Post a Comment