Monday 13 March 2017

TEKNIS MENULIS SURAT LAMARAN KERJA

LAMARAN kerja adalah surat yang di ajukan kepada pihak instansi, perusahaan, atau kantor dengan tujuan untuk mendapatkan suatu jabatan. Sebelum melamar suatu pekerjaan biasanya di awali dengan adanya lowongan kerja. Baik yang bersifat terbuka yaitu koran, kampus, radio, atau televisi maupun bersifat tertutup yaitu melaluiinformasi dari rekan yang sudah bekerja di perusahaan, instansi atau kantor tersebut.
            Surat yang di ajukan berisi tentang keinginan pelamar untuk mengidi jabatan tertentu, mengungkapkan kemampuan yang dapat di sumbangkan demi perkembangan perusahan atau intansi yang lebiha baik serta kemauan yang besar untuk bekerja. Selain surat lamaran kerja, halyang paloing penting adalah menyertakan daftar riwayat hidup, ijazah akhir, nilai akhir, sertifikat dari kegiatan yang pernah di ikuti. Daftar riwayat hidup ini berisi tentang nama, alamat, tempat dang tanggal lahir, status, jenis kelamin, riwayat pendidikan, keterampilan disini di uraikan secara detail, penglaman kerja dan job discription-nya serta pengalaman berorganisasi.
            Segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan perlu kita utrakan karena niali tambah dari seorang pelamar dilihat adri uraian tersebut. Sesuaikan apa yang dimiliki pelamar dengan syarat yang di ajukan dalam suatu pekerjaan. Walaupun hal tersebut tidak bersifat mutlak, biasanya untuk langkah awal pihak perusahaan mempunyai kalsifikasi minimal dari seorang pelamar. Karena untuk langkah selanjutnya pihak perusahaan bisa mengamati seorang calon karyawan dari kegiatan training di perusahaan tersebut. Mampukah seorang calon karyawan menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Ada pula perusahaan atau kantor tertentu yang melihat riwayat pendidikan dari pelamar.
Hal yang perlu di perhatikan :
1. Daftar Riwayat Hidup
Daftar riwayat hidup dibuat berdasarkan urutan tertentu jika di buat sembarangan dapat menjadikan alsan untuk ditolaknya suatu lamaran.
Untuk kertas, digunkan sesuai dengan ukuran kertas padsa suarat lamaran agar seragam.
Setiap daftar riwayt hidup baik yang di tulis  dengan tangan atau di ketik  harus asli bukan fotokopi, atau salinan dari karbon.
Urutannya adalah sebagai berikut :
v  Nama
v  Jenis Kelamin
v  Umur
v  Tempat dan Tanggal Lahir
v  Kewarganegaraan
v  Agama
v  Status Nikah
v  Alamat
v  No. Telpon
v  Pendidikan
v  Keterampilan
v  Hobi
v  Pengalaman Kerja
v  Pengalaman Organisasi
v  Referensi
Catatan :
Ø  Untuk kolom jenis kelamin bisa tidak di sebutkan jika dalam lowongan yang di butuhkan khusus laki-laki atau perempuan.
Ø  Kolom alamat harus di tulis dengan lengkap dan jelas
Ø  Untuk referensi, biasanya di keluarkan oleh instansi terkait seperti rektor, dosen, kepala sekolah, dan sebagainya. Sedangakn bagi yang berpengalaman, dikeluarkan oleh manager atau bagian personalia perusahaan atau kantor lama
Ø  Pengalaman organisasi bisa tidak di sebutkan jika memang tidak ada
2. Bentuk Tulisan
            Surat lamaran dapat di tulis dengan tulisan tangan jika memang di isyaratkan karena ada beberapa perusahaan atau kantor yang mengharuskan surat lamaran ditulis dengan tulisan tangan, hal ini bertujuan untuk melihat karakter dari pelamar atau dapat di ketik dengan komputer. Bahasa yang di gunakan sopan, jelas, padat, mudah dibaca, dan tidak bertele-tele serta rapi.
3. Kertas Surat
            Kertas yang di gunakan adalah kertas HVS polos bila surat lamaran di ketik denga komputer baik ukuran polio maupun quarto. Jika surat lamaran di tulis dengan tulisan tangan, kertas yang di gunakan adalah HVS bergaris.
4. Bentuk Surat
            Bentuk surat terdiri dari block style, full blok style, dan semi block style. Bentuk surat harus jelas sesuai dengan aturan yang berlaku. Begitu pula penulisan pada amplop harus sesuai dengan isi.

5. Referensi
            Referensi biasanya diberikan dari instansi atau kantor dimana pelamar pernah bekerja. Atau seklah di mana pelamar pernah menuntut ilmu. Referensi perlu di berikan untuk menambah keyakinan user perusahaan atau instansi tersebut bahwa yang di ungkapkan pelamar benar adanya.



6. Gaji
            Untuk mengungkapkan seberapa besar gaji yang diharapkan, perlu di perhatikan kemampuan kita untuk menaksir sesuai dengan pengalaman kerja. Dan jika memang gaji tidak di minta oleh User, jangan menyebutkan gaji yang kita minta.

Dibawah ini contoh surat lamaran dengan Tiga pola
-         Pola block style
-         Pola semi block style
-         Pola full block style



POLA BLOCK STYLE

                                                                                                            Yogyakarta, 6 Agustus 2002
Kepada Yth.
Kepala Bagian Sumber Daya Manusia
Ramayana Dept. Store
Jl. Maliuoboro 158-160
Yogyakarta

Hal : Lamaran

Dengan Hormat,

            Menunjuk ilkan pada harian Kedaulatan Rakyat tanggal 3 Agustus 2002, saya ingin melamar jabatan Supersior sebagai yang di maksud oleh iklan tersebut.
            Saya lulusan SMU tahun 1999 di SMA Negeri III Yogyakarta. Saya seorang wanita yang sehat jasmani dan rohani. Meskipun saya bukan wanita cantik tetapi pekerjaan Supersior yang Bapak tawarkan pada iklan Bapak sangat menarik saya.
            Saya belum pernah bekerja tetapi kata teman-teman, saya punya bakat pemimpin. Oleh karena itu, saya kira saya akan cocok bekerja pada bagian yang Bapak tawarkan.
            Sebagai bahan pertimbangan selanjutnya, bersama dengan surat lamaran ini saya lampirkan foto copy ijazah terakhir, daftar riwayat hidup ringkas, serta 2 foto 4 x 6 cm.
            Panggilan untuk wawancara akan sangat saya nantikan. Sebelum dan sesudahnya atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.


                                                                                                                        Hormat kami,


                                                                                                                        Riska Suherman

           






POLA SEMI BOLCK STYLE
                                               
                                                                                                                        Yogyakarta, 10 Agustus 2000
Kepada Yth.
Kepala Bagian Personalia
PT. Indra Prasta
Jl. Jendral Sudirman
Yogyakarta

Hal : Lamaran

Dengan hormat,
           
            Menunjuk iklan pada Harian Kedaulatan Rakyat tanggal 5 September 2000, saya ingin mengisi jabatan sebagai Manajer Marketing pada iklan yang Bapak/Ibu tawarkan.
            Saat ini saya masih bekerja sebagai koordinator sales di PT. Surya Kencana, Sukaraja. Hasrat saya untuk pindah bekerja pada perusahaan Bapak/Ibu telah saya bicarakan dengan pimpinan tempat saya bekerja sekarang. Demi karier dan masa depan saya, beliau sangat menyokong dan beliau sebagai salah satu seorang referensi saya.
            Sebagai bahan pertimbangan bersama surat lamaran ini saya lampirkan foto copy ijazah Sarjana Ekonomi, kartu identitas, sertifikat bond A dan bond B, 2 lembar pas foto, serta daftar riwayat hidup singkat.
            Atas pertimbangan dan kesempatan yang di berikan oleh PT. Indra Prasta kepada saya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.


                                                                                                                        Hormat saya,


                                                                                                                        Maryoto, SE.








POLA FULL BLOCK STYLE

Yogyakarta, 5 Maret 2002

Kepada Yth.
Authorized Toyota Main Dealer
PT. New Armada Motor H.R & D Division
P.O. BOX. 1230
Semarang

Hal : Lamaran

Dengan hormat,

            Saya seorang wanita lulusan ASMI Desanta Yogyakarta, jurusan sekretaris tahun 19999, ingin mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi jabatan sekretaris sebagaimana sesuai dengan iklan lowongan yang di tawarkan.
            Sertifikat kesekretarisan dan manajemen pernah saya dapatkan dalam pelatihan kerja yang di adakan kampus kami, dengan nilai yang sangat memuaskan. Selain itu saya juga mahir mengoperasikan komputer, khususnya unruk MS Office, dan pernah bekerja pada PT. Yamaha motor selama dua tahun sebagai sekretaris.
            Saya sangat berminat bekerja pada PT. New Armada Motor, karena ingin mencari kehidupan yang lebih baik lagi, juga karena semarang adalah kota kelahian saya sekaligus berkumpul dengan keluarga.
            Sebagai bahan pertimbangan, bersama surat lamaran ini saya lampirkan foto copy ijazah D3, dan sertifikat keterampilan komputer, serta 2 lembar pas poto 4 x 6 cm.
            Atas pertimbangan dan perhatian yang di berikan kepada saya, saya ucapkan banyak terima kasih.


Hormat kami



Salma Rizkiani

No comments:

Post a Comment