Monday 13 March 2017

MANFAAT AIR BAGI TUBUH

Jangan menyepelekan air karena ternyata air memiliki fungsi penting bagi tubuh manusia. Beberapa hasil penelitian menunjukan bahwa pemenuhan kebutuhan air dalam tubuh dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit. Hal itu tentu saja akan membuat hidup manusia menjadi lebih sehat dan nyaman. Di bawah ini adalah beberapa fungsi air yang di perlukan oleh tubuh.
Pemebentukan sel dan cairan tubuh
            Komponen utama sel adalah air, sebesar 70% - 85%. Di dalam sel terdapat lemak kurang dari 10%. Air berperan besar dalam darah (mengandung 83% air), cairan lambung, hormon, enzim, otot, dan juga berguna dalam menjaga gerakan otot sehingga otot mampu berkontraksi.
Pengatur suhu tubuh
            Air dapat menghasilkan panas, menyerap dan menghantarkan panas ke seluruh tubuh, sehingga tubuh tetap stabil. Selain itu, juga membantu mendinginkan tubuh melalui penguapan darp paru-paru dan permukaan kulit dengan memebawa kelebihan panas keluar tubuh.
Pelarut zat-zat gizi lain dan pembantu proses pencernaan makanan
            Air membantu prooduksi air liur saat makanan di mulut, melarutkan makanan dan membantu melumasi makanan agar masuk kerongkongan.
Pelumas dan bantalan
          Air berfungsi sebagai pelumas dalam bentuk cairan sehingga sendi dapat bergerak dengan baik dan meredam gesekan antersendi. Selain itu, air menjadi bantalan tahan getar pada jaringan tubuh, seperti pada otak dan mata.
Media Transfortasi
          Air membantu pertumbuhan dan regenerasi sel secara efektif dan menjadi media berbagai zat denga sifat dan kutub ion yang berbeda. Selain itu, air membantu transfortasi oksigen dalam tubuhdan sebagai media transfortasi bagi gas karbondioksida saat mengeluarkan nafas.
Media elimkinasi sisa metabolisme
            Denga air, sisa-sisa metabolisme dalam tubuh di keluarkan saluran kemih, saluran cerna, serta saluran nafas pada kulit.


Mengapa  Air begitu penting bagi kehidupan?
           Air sangat penting bagi semua mahluk hidup terutama bagi kehidupan manusia. Beragam aktivitas manusia selalu berhubungan dengan air, seperti mencuci, mandi, dan minum. Dalam membangun tempat tinggal, manusia juga membutuhkan air. Air sebagai pelarut campuran semen dan pasir supaya bangunan berdiri kokoh. Coba bayangkan, apa jadinya jika camupran semen dan pasir tanpa kehadiran air. Tanpa air, tentu semen dan pasir tidak dapat bersenyawa dengan baik.
            Bagi manusia, air tidak pernah dapat di gantikan oleh senyawa lain. Tubuh manusia terdiri atas 65% air dan sekitar 47 liter air terdapat pada orang dewasa. Setiap harinya 2,50 liter dari jumlah air tersebut harus di ganti dengan air baru. Di perkirakan dari sejumlah air, yang harus di ganti, 1,5 liter berasala dengan terpenuhinya kebutuhan air, maka seluruh proses metabolisme dalam tubuh manusia bisa berlangsung dengan lancar. Sebaliknya, jika kekurangan air, maka proses metabolisme terganggu, tubuh manusia bisa mengalami dehidrasi. Peristiwa dehidrasi ini dapat menimbulkan hal-hal berikut.
  1. Penyakit diare. Diare dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan.
  2. Dehidrasi bisa terjadi karena melakukan olahraga berat sehingga banyak mengelurakan keringat yang merupakan hasil metabolisme dalam tubuh untuk menghasilkan energi. Jika banyak mengeluarkan keringat, berarti banyak cairan tubuh keluar
  3. Dehidrasi bisa terjadi pada orang yang berada di daerah yang sangat kering atau tandus.
  4. Dehidrasi juga bisa terjadi pada orang yangb bekerja di ruangan ber-AC. AC dapat menyedot cairan yang ada di sekitarnya.
Bahkan jika tidak ada air yang masuk ke dalam tubuh manusia dalam waktu yang lama, manusia tidak akan bisa hidup.

Dengan air, tubuh-tunbuhan dapat tumbuh subur sehingga menghasilkan buah enak dan pemandangan hijau menyejukan hati. Denga air,hewan-hewan dapat hidup sehingga daging dan air susu dapat berguna bagi kesehatan manusia. Hewan laut tidak akan hidup tanpa air.

No comments:

Post a Comment