Tuesday 14 March 2017

Sejarah Apple INC

Apple komputer “sekarang di kenal sebagai apple, inc” adalah kekuatan utama dalam revolusi personal komputer “PC” yang berlangsung di tahun 1970-an dan 80-an. Bahkan revolusi itu terus menerus berlangsung hingga kini berkat inovasi yang terus menerus di lakukan oleh pihak pengembang Apple. Namun tahukan anda, Apple pernah mengalai kebangkrutan, atau hal-hal lain sepanjang karir gemilang Apple inc,,
            Sebelum Steve Wozniak bersama steve Jobs mendirikan Apple, Steve Wozniak adalah seorang hacker. Kepandaian Seve Wozniak ini memang terlihat sejak dia masih kecil yang sangat gemar mengutak ngatik aljabar dan algoritma matematika. Kemampuan Steve Wozniak ini tentunya sangat berarti dalam mendongkrak hidupnya dengan ekonomi menengah ke bawah.
            Pada tahun 1975, Steve Wozniak bekerja di Hewlwtt-Packard dan membantu temannya Steve Jobs mendesain video game Atari. Dari keuntungan yang di peroleh, mereka menggunakannya untuk membeli sebuah komputer yang sangat sederhana, salah satu produk dari Call Computer pimpinan Alex Kamradt untuk di pelajari mekanisnya. Setelah melihat wacana mengenai membangun terminal komputer sendiri pada suatu majalah berjudul Popular Electronics terbitan tahun 1975, double steve tersebut merakit sendiri komputer dengan spare part yang ada. Komputer Conversor yang di rakit tersebut terdiri atas 24 bari dan 40 kolom, hanya menggunakan huruf kapital, menggunakan monitorberupa video teletype dan dapat terhubung dwngan Call Computer. Alex Kamradt menanggapi positif hal ini dan bekerja sama dengan Steve Wozniak untuk menjual produk jadinya melalui firma dagang yang di moliki Kamradt.
            Pada tahun 1975, Wozniak mulai menghadiri pertemuan di Homebrow Computer Club. Pada pertemuan tersebut Micro Computers baru seperti Altair 88oo dan IMSAI menginspirasinya untuk menggunakan mikroprosesor ke dalam video teletype dan lengkaplah computer yang ia rancang.
            Pada saat itu hanya tersedia microcomputer CPU Intel 8o8o senilai US $179 dan motorola 6800 yang di bandrol US $170. Saat itu Wozniak berniat bekerja sama dengan motorola, namun masih belum menemukan kata sepakat karena range harga yang di minta baik Intel maupun Motorala saat itu jauh dari range budget mereka. Namun Wozniak tak menyerah. Ia melihat, mempelajari, dan mendesain skema komputer padakertas. Dalam benaknya, membuat CPU hanyalah tinggal menunggu hari saja.
            Ketika MOS Technology  6502 chip (sekarang baterai CMOS) dirilis dengan kiasaran harga US $20 pada tahun 1976, Wozniak membuat program yang sesuai untuk chip tersebut dengan bahasa BASIC dan mulai mendesain komputer yang mampu menjalankannya. MOS 6502 di desain oleh orang yanh sama dengan orang yang membuat Motorola 6800, karena banyak pekerja di Silicon Valley yang mendirikan atau membuat usaha sendiri sebagai sampingan. Wozniak melakukan sedikit perubahan kecil agar chip baru tersebut dapat berjalan dengan baik. Wozniak menyempurnakan penemuannya dan membawanya ke pertemuan Homebrew Computer Club sebagai show off.
            Pada pertemuan tersebut, Wozniak bertemu teman lamanya Steven Jobs yang sama-sama tertarik terhadap potensi komersial dari hobi komputer tersebut. Stetlah itu Jobs melakukan pendekatan dengan toko komputer lokal, The Byte Shop yang pada akhirnya setuju untuk menjual produk Jobs. Namun dengan catatan, komputer yang di buat harus di rakit dengan baik menjadi satu kesatuan utuh (assembled). Pemiliknya, Paul Terrel, menyampaikan bahwa ia akan memesan 50 mesin komputer dan membayar US $500 pada setiap pengiriman. Jobs mengamini tawaran tersebut dan menghubungi Cramer Electronics, distributor peralatan elektronik skala nasional sebagai media partnernya. Inilah awal di rancangnya Apple I yang menjadi pondasi perkembangan produk-produk Apple.

            

No comments:

Post a Comment